Tips Kreatif Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Mudah | Informasi Lowongan Kerja Terbaru

Tips Kreatif Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Mudah

,
ADS
Kebanyakan dari kita tidak punya dasar akan pengetahuan dalam menulis ataupun membuat surat lamaran dan jadinya malah surat lamaran ‘asal jadi’. Padahal di Amerika, malah ada orang-orang yang pekerjaannya khusus membuat surat lamaran! Kenapa begitu? Soalnya, surat lamaran itu vital. Dari situlah dapat terbaca seberapa besar minat kita terhadap pekerjaan yang kita lamar. Membuat surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu seni dalam pembuatan dokumen guna ‘menjual diri’ ke perusahaan yang tengah membuka lowongan pekerjaan. Jika isi dari dokumen yang Anda buat tersebut mampu memikat pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, maka hal tersebut akan memberikan nilai tambahan bagi Anda yang bisa Anda gunakan sebagai modal awal untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan ini. Berikut ini Tips Kreatif Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Mudah :

Teknik Penulisan
  • Anda harus mampu menuliskan surat lamaran kerja dengan isi yang jelas serta langsung pada poinnya. Dalam hal ini, ada dua hal penting yang harus Anda masukan kedalam surat lamaran kerja, yaitu riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Kata kunci yang bisa menunjukkan bahwa Anda berpengalaman secara profesional adalah penjelasan bahwa Anda pernah dan mampu untuk: Merencanakan, Mengimplementasikan, Berkoordinasi, dan Menyusun. Untuk deskripsinya Anda bisa gabungkan dengan penjelasan tugas dan tanggung jawab Anda dalam pekerjaan terdahulu. 
Cara Menuliskan Nama Anda
  • Anda bisa memperbesar ukuran huruf untuk penulisan nama Anda dari sejumlah kalimat atau kata lainnya, dan Anda bisa menaruh di pojok atas dokumen lamaran kerja, Anda harus melengkapinya dengan gelar akademis yang Anda miliki. Ini berguna untuk menjelaskan status diri Anda secara profesional.
Tambahan Informasi Lainnya
  • Dalam surat lamaran kerja, jangan pernah Anda memasukkan hobi yang Anda miliki. Biasanya bagian hobi akan ditanyakan oleh pihak pewawancara ketika Anda diharuskan mengisi aplikasi langsung di tempat Anda melamar pekerjaan. Akan tetapi, untuk surat lamaran sebagai tenaga pengajar edukasi atau pelatih olahraga, Anda perlu memasukkan hobi Anda sebagai acuan aktivitas sekolah apa saja yang dapat Anda sumbang lewat keahlian hobi Anda. Informasi diri seperti status perkawinan atau tinggi dan berat badan tidak perlu Anda masukkan karena dalam sebuah surat lamaran profesional berfokus pada penjelasan kemampuan dan karakteristik Anda dalam bekerja.
Format Dokumen
  • Anda harus menggunakan kerangka penulisan yang simple guna penulisan surat lamaran kerja yang profesional. Anda juga harus bisa menghindari penulisan kata yang ditebalkan, digarisbawahi, atau miring agar tidak terlihat membingungkan dan berantakan. Selain itu, Anda harus memeriksa kembali surat lamaran kerja Anda jika memang masih terlihat ada beberapa kesalahan dalam penulisan atau kalimat yang belum tepat sebelum Anda mencetak semua dokumen tersebut. Gunakan tipe kertas A4 warna putih dan font yang sudah menjadi standar penulisan dokumen. Jika Anda akan mengirim lamaran tersebut via internet, kemas dalam format dokumen standar seperti .doc atau .pdf. Baiknya Anda tidak mengunggah file tersebut dan mengharapkan orang lain mengunduhnya, kecuali untuk lowongan pekerjaan desainer yang memerlukan referensi karya desain. Baca juga Tips Mencari Lowongan Kerja Lewat Online
  • Selain dokumen, Anda juga dapat membuat lamaran profesional menggunakan video. Buat skenario kalimat yang akan Anda jelaskan dan minta bantuan teman Anda untuk merekamnya. Anda dapat menggunakan kamera dari ponsel pribadi untuk ini, dan jangan lupa buat video semenarik mungkin serta kompres file video ini sekecil mungkin supaya memungkinkan untuk dikirim dengan praktis.
Dari Hal di atas memang terlihat sepele dan mudah dikerjakan. Tetapi mungkin Anda akan sedikit terkejut ketika mengerjakanya langsung karena kondisinya sama sekali berbeda dari yang Anda bayangkan.  Semoga  Tips KreatifMembuat Surat Lamaran Kerja Dengan Mudah ini dapat bermanfaat, jadi persiapkan diri anda agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil…

LOKER Terbaru